Pura-pura Sakit

Pernah mendengar, melihat, atau membaca tersangka kasus korupsi mendadak sakit saat akan dipanggil dimintai keterangannya oleh penyidik KPK? Saya sering, banyak yang menganggap hal itu adalah cara untuk mangkir dari kewajiban. Apakah memang demikian?
Sakit bisa terjadi karena stress memikirkan kasus yang menimpanya atau stress menghafalkan jawaban pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan penyidik :). Bisa juga karena melihat lawan jenis yang oke lalu tiba-tiba sakit (sinetron banget).
Saat saya masih sekolah dulu, sudah ada yang menggunakan modus sakit, alasannya macam-macam dari malas ikut pelajaran olahraga, malas upacara, belum buat PR, dan malas ikut pelajaran.
Ada lagi pura-pura sakit karena ingin mangkir dari kewajiban yang akan diemban, contohnya adalah ketika dalam sebuah kelompok si A ditunjuk untuk menimba air di sumur. Seketika itu juga ia mengeluh sakit perut. Dan contoh seperti ini bisa dilihat di beberapa sinetron kita :mrgreen:.
Sepertinya ada yang salah dalam pendidikan kita yang bahkan sudah diajarkan sejak balita untuk tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu jika kita sudah menjadi orang tua, jangan ajarkan anak kita berkelit dari masalah yang menimpa tapi ajarkan untuk bertanggung jawab pada semua yang dikerjakannya.

Tinggalkan komentar