Ganti Gadget, Aplikasi Messenger Minta Nomor Lagi

Ilustrasi
(watblog.com/admin)
Gadget saya rusak dan harus masuk bengkel, otomatis layanan messenger di gadget saya juga terhenti. Tak ingin meninggalkan kolega berlama-lama akhirnya saya berinisiatif menginstall aplikasi messenger tersebut ke Tablet PC. Selama ini memang Tablet PC saya tidak saya install messenger karena beda teknologi seluler, gampangannya satu GSM, satunya lagi CDMA.

Disinilah ternyata problem muncul. Beberapa aplikasi messenger meminta kembali registrasi menggunakan nomor ponsel, padahal saya sebelumnya (di gadget lama) sudah registrasi dengan menggunakan email. Artinya data saya sebenarnya sudah ada di data center mereka, tapi kenapa saya harus memasukkan nomor ponsel lagi?

Aplikasi yang meminta registrasi nomor ulang adalah KakaoTalk dan Line. Kedua aplikasi ini meminta nomor ponsel kembali padahal saya sudah terdaftar sebagai member mereka via email. Sebenarnya tidak masalah memasukkan nomor baru, hanya saja saya tidak memiliki (baca: ogah beli) simcard untuk Tablet PC saya. Saya hanya memanfaatkan Tablet PC di area hotspot, karena pemborosan mempaketkan data beberapa operator dalam waktu bersamaan.
Satu aplikasi yang menyimpan data saya adalah Wechat, hanya aplikasi inilah yang dapat saya gunakan di Tablet PC tanpa registrasi ulang nomor ponsel. Saya hanya cukup memasukkan email yang terdaftar untuk dapat menggunakan messenger ini kembali di gadget lain.
Dari kasus ini, saya menarik kesimpulan jika sering berganti-ganti gadget lebih mudah urusannya jika menggunakan app messenger Wechat dibandingkan kompetitor lain.

Tinggalkan komentar