Kenapa Memilih Twitter?

Twitter, kenapa menjadi pilihan? Beberapa waktu lalu saya bertemu seorang konsultan social media marketing yang bercerita banyak tentang social media. Pengguna terbanyak ditempati Facebook, disusul Twitter dan Google Plus. Saat ini pengguna Facebook lambat laun tergerus karena bosan. Menurutnya, umur sebuah social media hanya berkisar 5 – 10 tahun dan setelah itu akan mengalami penurunan. Hal ini sudah terbukti dengan socmed legendaris Friendster dan Multiply, karena mereka lambat berinovasi (untuk Multiply karena kualat pada bloggers :)), sedangkan pengguna mulai bosan dengan fitur yang itu-itu saja, maka jatuhlah mereka ke dalam jurang.

Apa sih kelebihan Twitter? Twitter berdiri 2006 yang berarti sudah berumur 7 tahun, dan sepertinya masih akan eksis paling tidak sampai Pemilu 2014. Beberapa kelebihan twitter adalah;

  1. Ringan, Twitter didesain minimalis, tidak seperti Facebook dan Google Plus.
  2. Hemat kuota, pengguna dari Indonesia masih dipaksa operator untuk menggunakan paket kuota internet, dan Twitter adalah socmed yang ramah kuota.
  3. Cepat, penyebaran berita di timeline Twitter lebih cepat dari socmed lain.
  4. Mudah, penggunaan Twitter pun sangat mudah.
  5. Hanya 140 karakter, kelebihan mendasar adalah hanya berisi 140 karakter yang menjadikan pengguna serasa menulis SMS.
  6. Alay masih jarang, Facebook dikenal dengan socmed alay sejuta umat yang semua alayer berkumpul di situ. Di Twitter tidak diperkenankan membuat username dan name lebih dari 16 karakter.
  7. Tidak ada batasan followers, tidak seperti Facebook yang hanya bisa 5000 followers.
  8. Hashtag, fitur yang memudahkan pengguna mecari satu bahasan. Fitur ini kemudian ditiru oleh Google Plus dan Facebook.

Masih banyak kelebihan lain, mungkin di lain kesempatan bisa mengeksplore lebih dalam lagi tentang Twitter.

2 thoughts to “Kenapa Memilih Twitter?”

Tinggalkan komentar