Berita Sonic Boom F16 di Solo yang ditunggangi Hoax

Selasa 30 Agustus 2016, warga di sekitar Sukoharjo, Karanganyar dan sekitarnya mendengar suara dentuman. Beberapa orang merasa hal ini perlu disampaikan kepada pihak berwenang melalui media sosial. Hal yang lumrah karena kejadian tersebut tidak biasa terjadi. Penyampaian warga sudah benar, bertanya kepada pihak yang berwenang.

Saya sempat membaca Timeline Twitter BPPTKG mendapat laporan dentuman yang belum diketahui asalnya. Admin BPPTKG membalas dengan quote reply.
terimakasih infonya smg mandali colek @bpbdsolo @bpbdjateng @TRCBPBDDIY https://t.co/SDllwrAOPg

— BPPTKG (@BPPTKG) August 30, 2016

Beberapa follower BPPTKG merespon, tapi ada respon yang tidak sesuai dengan kejadian sebenarnya. Contohnya adalah:

— KLM (@SarjioS3) August 30, 2016

capture twitter
Kicauan warganet.

Orang yang sama juga membalas dengan gambar lain, saya ambil screenshoot saja.

Apakah dentuman tersebut adalah pesawat jatuh? Tidak!!!! Detikcom sudah menelusuri dan memberitakan bahwa suara dentuman tersebut adalah Sonic Boom dari pesawat tempur F-16. (Baca berita Detik di Serba-serbi Sonic Boom yang Hebohkan Langit Solo)

Tugas Admin Media Sosial
Admin medsos harus sigap dan jeli dengan bermacam perilaku netizen. Tidak boleh sembarangan meneruskan (Retweet dan Quote Twit) berita yang disampaikan netizen, kecuali berita sudah fix kebenarannya.

Admin seyogyanya juga menghindari berkomentar berita (dari netizen) yang masih simpang siur dengan sesuatu yang membuat netizen “bergejolak”. Boleh saja admin bertanya kepada netizen penyampai berita, untuk memastikan kebenarannya. Semakin banyak netizen yang menyampaikan berita yang sama, semakin besar kevalidan berita karena banyak saksi mata. Tugas admin memang berat, butuh belajar dan jam terbang tinggi untuk menjadi admin yang bijak menghadapi berbagai gejolak di dunia maya.

Jangan bermain media sosial jika tidak bisa
Bagi netizen, jika tidak cakap bermedia sosial lebih baik tidak usah menggunakannya. Bohong di dunia maya sama seperti bohong di dunia nyata. Pelaku penyebar berita yang asal comot tanpa cek dan ricek, apalagi yang meresahkan masyarakat, akan dicap dan dimasukkan dalam daftar pembohong. Nila setitik, rusak susu sebelanga.

Inilah video kumpulan sonic boom F-16 yang suaranya seperti dentuman.

Tinggalkan komentar