Kenapa Memilih Linux Ubuntu…

Laptop pertama saya sudah terpasang Microsoft Windows XP ketika membelinya, tanpa saya minta kepada membeli. Tentu saja itu bukan versi resmi. Spesifikasi laptop saya lumayan lah,, Processor Intel Core 2 Duo dengan RAM 1 GB. Ketika itu spesifikasi tersebut lagi getol digelontorkan vendor laptop.
Tak beberapa lama kemudian muncullah Microsoft Windows 7 yang membutuhkan resource lumayan besar. Mengikuti trend tersebut saya juga tergiur untuk menginstallnya. Ketika melihat seorang teman menginstall Windows 7, saya mengurungkan niat turut menggunakannya. Laptop saya pasti bakalan ngos-ngosan jika menggunakan Windows 7. Ohiya,, sempat muncul Windows Vista tapi itu tidak masuk kriteria karena produk gagal :).

Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2009, dimana komunitas Linux lagi gencar-gencarnya promosi dan menghangatnya isu pembajakan dan pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Saya pun tertarik dengan promo-promo tersebut, apalagi mereka membagikan CD gratis. Distro Linux yang saya lihat memiliki perusahaan dan komunitas besar adalah Ubuntu, perusahaan yang berpusat di Afrika Selatan ini saat itu mengirimkan CD Ubuntu secara gratis ke seluruh penjuru dunia. Alhamdulillah CD Ubuntu 9.10 sampai ke rumah 3 bulan setelah dirilis :).

Singkat Cerita

Pertama kali saya hanya berani menggunakan live CD, menurut saya tampilan desktop lebih keren dari Windows :). Saya baru install Ubuntu ke laptop saya setelah mendapatkan CD Ubuntu 10.04 dari komunitas, itupun dualboot dengan Windows. Semenjak itulah saya selalu menggunakan Ubuntu.

Kesimpulan

Awalnya menggunakan Ubuntu karena terpaksa, laptop tidak kuat menggunakan Windows 7. Lambat laun saya sadar bahwa menggunakan software bajakan adalah salah, menyalahi hukum, dan…. berdosa. Yang terakhir, ternyata menggunakan Linux tidak sesulit yang digemborkan haters. Dan… sampai sekarang saya setia menggunakan Linux Ubuntu.

Tinggalkan komentar