Notebook ASUS ROG G752VS (G-SYNC) untuk Para Gamers

Sumber: asus.com.

Asus baru saja merilis beberapa notebook gaming (untuk bermain game) di Indonesia. Salah satu seri yang diperkenalkan selama roadshow di Yogyakarta, 18 Oktober 2016 adalah notebook gaming 17 inchi Asus ROG G672VS. Kita lihat apa saja yang menarik dari ROG G672VS ini.

Processor

Processor yang digunakan adalah Intel® Core™ i7 6820HK yang merupakan processor generasi keenam versi unlock sehingga dapat di-overclock. Dikutip dari situs Intel, Processor ini memiliki 4 core dengan 8 thread. Frekuensi dasar 2,7 GHz, tapi dengan Teknologi Intel Turbo Boost bisa bekerja pada frekuensi 3,6 GHz dan overclock sampai 4 GHz.

Sumber: newsroom.intel.com.

Teknologi Intel Turbo Boost adalah teknologi untuk mempercepat performa processor dan grafis pada beban puncak, yang secara otomatis memungkinkan core bekerja lebih cepat daripada frekuensi dasar, jika berada di bawah spesifikasi daya, arus, dan suhu. [baca Intel® Turbo Boost Technology 2.0]

Spesifikasi Intel Core i7 6820K.

Pembuktian spesifikasi processor dapat dilihat dengan aplikasi CPU-Z, dan hasilnya adalah:

Spesifikasi processor Asus ROG G752VS.
Dengan frekuensi segahar itu, penggunaan notebook secara multitasking tidak akan mempengaruhi performa. Apalagi didukung dengan memory yang besar.

Memory

Sesuai dengan spesifikasi yang disarankan processor Intel® Core™ i7 6820HK, Asus ROG G752VS menggunakan RAM 64GB DDR4. Dijamin notebook tidak akan hang saat menjalankan program dan game secara bersamaan.

Graphics

Kartu grafis Asus ROG G752VS menggunakan Nvidia GeForce GTX 1070 8GB DDR5. Kartu grafis GeForce GTX generasi 10 dari Nvidia ini yang didukung oleh Pascal, dengan performa hingga 3 kali lipat daripada kartu grafis generasi sebelumnya. Apalagi ditambah teknologi game baru yang inovatif dan mendukung teknologi VR (Virtual Reality).
Nah, Pascal adalah arsitektur GPU (Graphic Processing Unit) paling canggih saat ini, memberi kinerja yang benar-benar mengubah permainan, teknologi inovatif dan mendalam, dan next-gen VR.[baca Arsitektur Nvidia Pascal]
Sumber: geforce.com

Kartu grafis dengan arsitektur Pascal ini dikhususkan untuk perangkat mobile, berbeda dengan generasi sebelumnya dimana versi notebook memangkas beberapa fitur dari versi desktop. Geforce seri 1000 memiliki fitur sama untuk notebook dan desktop, perbedaannya hanyalah penurunan angka TDP (Thermal Dissipation Power). Performa di notebook tetap sama dengan performa pada desktop.

Storage
Media penyimpanan Asus ROG G752VS (G-SYNC) adalah HDD 1TB ditambah 2 SSD (Solid State Drive) masing-masing 512GB. Dengan kapasitas total 2TB, notebook ini bisa menyimpan banyak game di dalamnya.

Benchmark storege ASUS ROG G752VS.

Display
Layar panel IPS 17,3 inchi dengan resolusi (3840 x 2160) menjadi standart layar para gamer, terlebih sudah berteknologi G-Sync untuk mengatasi gejala stutter, lag, dan tearing pada game sehingga tampilan terlihat lebih tajam. Teknologi ini mensinkronisasi refresh rate layar dengan frame rate dari NVIDIA® GTX™ GPU’s untuk tampilan visual yang halus serta mulus. Layar yang digunakan juga support dengan video 4K yang sekarang mulai populer.

Body
Body dengan desain Iron Man (superhero Marvel) dengan lampu merah di beberapa bagian notebook terlihat mencolok, menjadi ciri khas penampakan netbook Asus ROG G752VS. Melihat body Asus ROG ini saya jadi teringat dengan The Bus, nama pesawat induk di serial televisi Marvel: Agent of S.H.I.E.L.D.

Mencoba Asus ROG G752VS.

Keyboard

Lampu merah yang menyala di sela-sela keyboard saat bermain game menjadi satu keunikan Asus ROG. 4 tombol huruf pada keyboard sebelah kiri yang sering digunakan  bermain game (huruf W, A, S, dan D) didesain dengan warna orange, untuk lebih menudahkan pemain menemukan keempat tombol tersebut.
Ngegame dengan Asus ROG G752VS.
Fitur Anti Ghosting keyboard ditambahkan pada Asus ROG G752VS, mencegah tidak terjadi gangguan atau hang bila 30 tombol pada keyboard ditekan dalam waktu bersamaan.
Asus ROG G752VS

Sistem Pendinginan

Teknologi dual copper digunakan menjaga suhu agar tetap rendah. 3 pipa pengalir panas terpasang langsung pada GPU untuk mengeluarkan hawa panas. Body Asus ROG G752VS memiliki banyak “jendela” di belakang sehingga suhu panas dapat dikeluarkan dengan optimal.
Semua notebook gaming Asus telah mengadoprsi teknologi 3D Vapor Pipe Chamber. Teknologi ini memungkinkan notebook mendeteksi panas berlebihan dari CPU dan GPU, panas tersebut akan dinetralisir dengan cairan yang terdapat pada ruang uap vapor.
Benchmark Saat Main Game
Ini dia benchmark ASUS ROG G752VS saat digunakan bermain game.

Asus ROG
Dari tadi menyebut ROG beberapa kali, apasih sebenarnya ROG itu? ROG merupakan kepanjangan dari Republik of Gamers, produk untuk gamers yang didirikan tahun 2006 lalu sebagai upaya mempersembahkan produk terbaik dan inovatif untuk para gamers.

Spesifikasi ASUS ROG G752VS (G-SYNC)

Main Spec. ROG G752VS (G-SYNC)
CPU Intel® Core™ i7-6820HK Processor 8 MB cache @ 2.7GHz (3.6 GHz Turbo, overclock up to 4 GHz)
OS Microsoft Windows 10
Memory 64 GB 2133 MHz DDR4 up to 2400 MHz
Storage 1TB HDD 7200rpm, 512GB*2 SSD
Optic Drive Super-Multi DVD
Display 17.3” UHD (1920 x 1080) IPS panel with NVIDIA G-SYNC
Graphics NVIDIA GeForce GTX 1070 8 GB DDR5
I/O 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor, 2 x USB 3.0 port(s), 1 x USB 2.0 port(s), 1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert, 1 x HDMI
Camera HD Web Camera
Connectivity Integrated 802.11ac or 802.11 b/g/n (WiDi), Bluetooth 4.0 Support
Audio Built-in Speakers and Analog Microphone, Built-in Azalia compliant audio chip, SonicMaster
Battery 8Cells 90 Wh
Dimension 385 x 255 x 32.4mm
Weight 1,27kg with Battery
Accessory Gaming Bagpack
Price Rp. 59.299.000 (bundling w/ ROG gaming mouse & headset)
Warranty 2 years full global warranty

*dari press release 18 Oktober 2016

Asus ROG Store hadir di Yogyakarta

Bila kamu berada di area Yogyakarta dan sekitarnya, kamu bisa mengunjungi Asus ROG Store Yogyakarta di Kana Komputer yang berada di Jl. Gejayan (Afandi) CT X No.1A, Yogyakarta. Kamu bisa bertanya dan mencoba produk Asus ROG G752VS (G-SYNC) secara gratis.

Tinggalkan komentar