Acara Roadshow Serempak.id 2017 di Yogyakarta

Undangan Roadshow Serempak.id datang ke inbox email sehari sebelum acara. Acara tertutup untuk aktivis, mahasiswa STMIK Jenderal Ahmad Yani, dan blogger berlangsung Selasa, 2 Mei 2017 di STMIK Jenderal Ahmad Yani, Ring road barat Yogyakarta. Mulanya saya mengira acara ini khusus untuk perempuan, tapi ternyata laki-laki juga mendapat tempat; untuk mempermulus penyebaran program serempak.id.

Tema yang diambil adalah Waspada Cyber Crime, Pencegahan dan Penanggulangannya. Didapuk sebagai pembicara adalah Surahyo Soemarsono (Konsultan IT ) dan Norma Sari (dosen FH Universitas Ahmad Dahlan). Sebelum pemaparan pembicara, Ratna Susianawati (Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Infrastruktur dan Lingkungan KP3A RI) memberikan pengantar.

Intinya, Surahyo mengatakan;

  • Selalu ingat bahwa Teknologi Informasi selalu memiliki 2 sisi (menguntungkan dan merugikan).
  • Prevention will always be your best line of defense against cyber criminals.
  • Titik paling lemah adalah manusia, bukan peralatan.
  • Melakukan audit terhadap sistem informasi secara rutin. Pelaporan yang lengkap akan mempermudah penanganan.
  • Jika sudah terjadi, lakukan kegiatan IT forensic secara detail untuk pembelajaran ke depan.

Sedangkan Norma Sari pada intinya mengatakan:

FOMO atau Fear Missing Out tengah menjangkiti masyarakat, orang merasa takut dikatakan tidak eksis di media sosial. Penyakit ini menjadi salah satu pintu masuk cyber crime. Maka berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial.
Foto bersama.

Jika kita tidak begitu menguasai teknologi, cara untuk meminimalisir cyber crime adalah think before posting; pikirkan apa yang akan diposting di internet, terutama dampak yang muncul ketika postingan sudah muncul di internet.

Tinggalkan komentar