Pertemuan dengan Komunitas Digital Jogja, Apa yang Diharapkan?

Di Ruang Sekar Jagad Santika Premiere Hotel Jalan jenderal Sudirman Yogyakarta, Kementerian Kominfo melakukan Temu Komunitas Jogja, pada hari Sabtu, 20 Mei 2017. Saya bersyukur dapat menghadiri acara ini untuk mengisi slot yang masih kosong. Kementerian Kominfo mengundang dinas terkait DIY dan Masdjo, Masyarakat Digital Jogja.
Rony Primanto.
Acara berlangsung serius tapi santai. Dibuka dengan do’a, menyanyikan Indonesia Raya, dan sambutan dari Rony Primanto selaku Kepala Dinas Kominfo DIY, dan Dedet Surya Nandika, Direktur Kemitraan Kominfo, sedangkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Rosalita Niken Widiastuti memberi sambutan di tengah acara; karena beliau juga menghadiri acara Kominfo di MMTC Yogyakarta.
R Niken Widiastuti.

Gun Gun Siswadi dari Kominfo dan Adi Syafitra memberikan pemaparan tentang berita Hoax (berita bohong), materinya hampir sama dari definisi, ciri, dan cara menanggulanginya.
Basic guide berita bohong.

Saya sependapat dengan rekan-rekan Masdjo, cara efektif melawan berita bohong adalah tidak menyebarkannya, serta kreatif membuat konten positif. Harapannya berita bohong tersebut tenggelam dengan konten-konten positif, serta melatih masyarakat tidak selalu berpikiran negatif dan nyinyir. 

Capek bila setiap ada berita bohong dilaporkan, dilawan/dibantah, tanpa diimbangi dengan melahirkan konten positif. Banyak berpikiran negatif akan membuat jiwa dan raga sakit, betul? Jadi tips saya memerangi berita bohong adalah dengan tidak menyebarkannya dan terus sebarkan konten positif.

Tinggalkan komentar