Keliru Membeli Monopod Votre SM-04 yang Pendek

Jalan Afandi (Gejayan) Yogyakarta kutelusuri awal Mei 2017, mencari toko asesoris gawai yang direkomendasikan teman. Backdoor gawai saya pecah dan saya ingin menggantinya. Beberapa waktu sebelumnya sudah mencari di semua toko asesoris gawai di Jalan Kranggan tapi tidak ada yang menjualnya. Kata teman saya, coba cari di daerah Gejalan sebelum Selokan Mataram (dari arah selatan).

Motor sudah berjalan pelan tapi tetap keblabasen juga, akhirnya motor saya parkir di Mirota Gejayan, mau balik arah malas banget, menurut saya lebih baik jalan kaki sebentar ke selatan. Ternyata jauh juga, lebih dari 200 meter saya berjalan kaki dan ketemulah sebuah toko asesoris di sisi barat jalan (namanya lupa).

Kardus Votre SM-04.

Saya menanyakan backdoor (tutup belakang) serie gawai kepada penjaga toko, dicarinya dan ada…. tapi harganya kurang masuk akal menurut saya; Rp. 43.000 jauh dengan yang dijual di pasar online yang hanya berkisar Rp. 25.000an dan sama-sama bukan barang asli buatan vendor. Saya coba menawar harga tapi penjaga toko menolak dengan alasan harga jualnya sudah segitu (mungkin mengambil untung tidak banyak).

Tongsis monopod Votre SM-04.

Gagal mendapatkan harga murah backdoor, saya bertanya tongsis yang agak bagus. Mas penjaga toko dengan mantab menjawab semua tongsis bagus dan harganya murah karena grosir. Dia menunjukkan tongsis yang ada di tokonya sambil berkata, “Rp. 10.000.”

Saya mengernyitkan dahi, tongsis (atau bahasa kerennya monopod) harga Rp. 10.000 pastilah kualitasnya tidak begitu bagus. Saya coba memanjangkannya, kok sepertinya kalah panjang dengan tongsis teman? Tapi karena saya butuh tongsis untuk digunakan hari itu, terpaksa membelinya satu buah.

Monopod dtegakkan.

Ukurannya 20 cm yang jika dipanjangkan menjadi 80 cm, sudah termasuk holder. Pengoperasian tongsis ini menggunakan kabel dan jack yang harus dipasangkan pada lubang headset gawai. Pada pegangan terdapat tombol untuk memotret.

Panjang maksimal monopod Votre SM-04.

Setelah saya coba, dengan format 4:3 tongsis ini hanya memiliki jangkauan memotret 3 orang duduk berdesakan. Dengan mayoritas berbahan plastik dengan 1 sumbu, holder agak riskan patah mengangkat gawai berat. Kelebihan tongsis ini adalah bisa dimasukkan kantong kemeja.

Tinggalkan komentar