Mendambakan Asus VivoBook S S510 untuk Menyajikan Konten Lebih Baik

Menulis adalah pekerjaan saya, dari menulis status, caption, dan blog. Menulis buku? Tulisan saya ditolak penerbit, apalagi saya tidak bisa menulis fiksi ๐Ÿ™‚ . Menjadi seorang blogger bukan cita-cita saya sedari kecil, karena daya saing saya rendah dan tidak ada yang mau menerima saya sebagai karyawan, terpaksa saya menjadi seorang blogger.

Tiga tahun saya menggunakan laptop jadul dengan RAM hanya 2 GB. Apalah arti RAM 2 GB hanya bisa menonton film dan mendengarkan audio. Editing video? Hang yang didapat, instalasi softwarenya bisa tapi saat dijalankan error karena memory untuk editing video minimal RAM 4 GB. Youtube Editor pun mau ditutup sebentar lagi ^surem :(. Keinginan unggah video agar terlihat kekinian dipendam dahulu, saya kutip perkataan teduh Ivan Lanin, โ€œMungkin belum saatnya, Tuhan pasti punya rencana. Semua akan benderang pada waktunya.โ€

Lha kenapa kok blogger edit-edit video segala? Dunia penulisan daring makin kompleks, blogger tidak hanya dituntut bisa menulis, namun juga harus bisa edit foto dan video sebagai penunjang tulisan. Sebisa mungkin mengikuti tren dunia daring dan berinovasi, agar isi blog dan media sosial tidak menjemukan.

Agustus 2017 lalu dalam acara The Edge of Beyond, Asus menghadirkan laptop atau notebook tipe VivoBook dengan kemampuan tinggi dan memiliki fitur premium. Yang jelas, laptop saya tidak ada apa-apanya dibandingkan Asus VivoBook S S510, seri laptop yang dimaksud.

Dalam memilih laptop, saya mengagungkan prosesor, memory RAM, dan kartu grafis. Jika ketiganya memiliki spesifikasi tinggi, artinya kinerja laptop dijamin lancar dengan berbagai instalasi software kekinian. Jika budjet uang tidak mencukupi, bisa sedikit diakali dengan pemasangan RAM besar.

Prosesor Intel Core i5 generasi 7 7200U atau juga disebut KabyLake sudah membuat Asus VivoBook S S510 gahar. Prosesor ini menggunakan quad thread dengan cache sebesar 3MB. Orang awam seperti saya kurang paham dengan spesifikasi njlimet. Tahunya mah,,,, Intel sudah terbukti menjadi produsen prosesor komputer handal, jarang ko-id dan bermasalah. Andaikan harus ganti prosesor, suku cadangnya mudah didapat. Teknologi quad thread dalam prosesor ini membagi kerja prosesor supaya beban yang dipikul tidak terlalu berat,,, kan quad thread bukan single thread. Dengar-dengar, prosesor ini juga hemat energi loh, cuma 7,5 sampai 25 watt.

Faktor penting kedua adalah memory RAM, Asus VivoBook S S510 sudah dipasangi 4GB RAM. Sudah bisa digunakan untuk edit video dan main game menengah. Nah, dengan laptop ini, sudah bisa tuh jadi youtuber dengan editing oke.

Kartu grafis GeForce GT940MX 2GB VRAM keluaran Nvidia jadi andalan. Kartu grafis digunakan untuk melihat tampilan di layar monitor, tanpa kartu grafis, apa yang bisa kita lihat? ๐Ÿ™‚ Video RAM kartu ini 2GB, cocok kan untuk edit video. Ukuran 2GB untuk sebuah Video RAM sudah besar, kemampuan seperti ini seharusnya bisa membuat konten yang bagus.

Media penyimpanan Asus VivoBook S S510 adalah 128GB SATA3 M.2 SSD + 1TB HDD. Gedhe kaaan? Bisa untuk menyimpan video drakor ratusan episode. Performa laptop dapat maksimal karena penggunaan SSD. Read and write lebih cepat, waktu booting singkat, dan data lebih aman jika disimpan di SSD.

Sisi kiri Asus Vivobook S S510.

Tiga konektor di sisi kiri Asus VivoBook S S510 yaitu 2 buah USB 2.0 Type A dan SD card reader. Sedangkan di sisi kanan 1 konektor USB USB 3.1 Gen 1 Type C, 1 konektor USB 3.1 Type A, Full sized HDMI 1.4, sebuah 3.5 mm combo Audio-jack, dan DC Power Input jack.

Sisi kanan Asus Vivobook S S510.

Uniknya laptop ini tubuhnya berukuran 14 inch tapi memiliki layar 15,1 inch, bingung? Penggunaan teknologi NanoEdge memungkinkan memaksimalkan permukaan laptop oleh layar. NanoEdge menggunakan bingkai yang sangat tipis, yakni 0,78cm,  sehingga 80% penampang laptop ini (screen-to-body ratio) adalah layar.

Teknologi NanoEdge Asus.

Yang saya suka dari laptop Asus VivoBook S S510 adalah ketebalannya hanya 1,79 cm, beratnya hanya 1,7 kg padahal sudah membawa baterai 3 cells dengan kemampuan 42 Whrs. Tidak akan membuat sakit punggung. Casingnya terbuat dari aluminium dengan brushed hairline finish yang kokoh dan elegan.

Uniknya, laptop ini sudah dibekali fitur pengaman biometrik fingerprint scanner. Letaknya di pojok kanan atas touchpad. Dengan fingerprint scanner memungkinkan login ke OS cukup dengan sentuhan jari. Fitur pengaman ini juga bermanfaat untuk keamanan data pengguna jika suatu saat laptop tertinggal atau hilang. 

Fingerprint scanner.
Baterai yang selalu menjadi momok pemilik laptop sudah diantisipasi Asus. Dua teknologi baterai disisipkan pada Asus Vivobook S S510 yaitu;


1. Teknologi Superbatteray

SuperBattery dapat mengisi ulang cepat baterai VivoBook S S510 dari kondisi 0-60 % hanya dalam waktu 49 menit saja. Teknologi ini juga mampu mencapai siklus pengisian ulang hingga 900 kali dibandingkan dengan laptop pada umumnya (sekitar 300 kali), sebelum daya tahan baterainya menurun.

2. ASUS Battery Health Charging App.
Memungkinkan pengguna secara manual menentukan tingkat Relative State of Charge (RSOC) baterai laptop pada 60%, 80% atau 100%. Membatasi tingkat pengisian baterai oleh charger dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Bagaimana dengan OS di Asus VivoBook S S510? Laptop ini kompatibel dengan OS Microsoft Windows 10 dengan Cortana yang bisa dibeli terpisah. OS yang terpasang saat pembelian adalah Endless OS, turunan dari Linux Ubuntu. Kok tahu? Saya sudah belasan tahun menggunakan Ubuntu, sehari-hari menggunakan Ubuntu sehingga hafal dengan ciri khas tampilannya.

Linux memiliki kelebihan lain yaitu memungkinkan sebuah komputer atau laptop dapat diinstal beberapa OS. Misalnya, Endless OS dengan Ubuntu dan Windows 10 sekaligus, atau mungkin install Mac OS; sehingga tidak perlu khawatir jika salah satu OS tidak kompatibel dengan sebuah software, bisa langsung berpindah menggunakan OS lain yang kompatibel dengan software tersebut.

Endless OS

Dari segi harga, VivoBook S S510 dibandrol Rp 9,799 juta. Harga yang sepadan dengan apa yang didapatkan. Dengan memiliki Asus VivoBook S S510, tidak ada alasan lagi malas ngeblog dan menghasilkan konten dibawah standar. Semangat!!

Main Spec. ASUS VivoBook S S510
CPU Intelยฎ Core™ i5 7200U Processor (3M Cache, up to 3.1GHz)
OS Endless OS
Memory 4GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage HDD 1TB + SSD 128GB SATA3 M.2
Display 15,6โ€ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) with slim bezel
Graphics Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM
I/O 1x Type C USB 3.0 (USB3.1 GEN1), 1x Fingerprint (On selected models),
1x HDMI, 1x USB 3.0 port(s), 1x Mic-in/Headphone-out jack, 2x USB 2.0 port(s)
Networking Integrated 802.11ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
Camera VGA Web Camera
Battery 3 Cells 42 Whrs Battery
Audio Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers & Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Dimension 361.4 x 243.5 x 17.9 mm (WxDxH)
Weight 1,7Kg with Battery
Colour Icicle Gold
Warranty 2 years Global Warranty senilai Rp. 900.000

Tinggalkan komentar