Diskusi Publik Sosialisasi Redesain USO

Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kemenkominfo mengadakan diskusi publik pada hari Kamis 23 November 2017 di Ballroom Pakoe Boewono Hotel Pandanaran Yogyakarta. Sebagai narasumber adalah Dhia Anugrah Febriansa, Direktur Penyedia Infrastruktur BP3TI, anggota komisi I DPR RI H. Sukamta, Ph.D., dosen Teknologi Informasi M Idham Ananta Timur, M.Kom.

Sekitar 150 peserta menghadiri acara yang diiringi hujan yang mengguyur Kota Yogyakarta sejak pagi. Ketiga narasumber menyampaikan materi dengan judul Internet untuk Distribusi Kesejahteraan, Generasi Milenial dan Internet, serta Internet dan Pengembangan Kreativitas.
Yang menarik disimak adalah pemaparan Dhia yang menampilkan data Internet di wilayah USO (Universal Service Obigation). Pada Agustus 2016 akses internet njomplang pada siang dan malam hari. Namun semenjak Januari 2017 pemakaian pada malam hari menyamai pemakaian internet pada siang hari.
Tempat pelayanan masyarakat di beberapa daerah yang akses internetnya masih jarang dan mahal (beberapa menggunakan satelit), akses internet sengaja tidak dimatikan usai jam kerja. Di situlah warga menggunakan akses internet gratis, apa saja dibuka. Dhia mengemukakan, perlunya edukasi bijak menggunaan internet, bukan untuk membuka situs yang dilarang dan merusak moral.

Tinggalkan komentar