Hadiah yang Tak Pernah Sampai

Beberapa teman pernah bercerita, dia menang kuis jenama baru di Indonesia tapi tidak pernah menerima hadiahnya. Di satu sisi dia gembira di sisi lain tersayat hatinya, karena kemenangannya semu. Teman-teman tadi sebelumnya terikat kontrak dengan penyedia jasa digital untuk memperkenalkan jenama itu kepada masyarakat, termasuk keikutsertaan kuis. Salah satu pasalnya adalah tidak akan mendapatkan hadiah jika seandainya namanya tercantum sebagai pemenang kuis . Lucunya, semua pemenang kuis adalah orang-orang yang dikontrak :mrgreen: . Otomatis mereka tidak akan mendapatkan hadiah. Kami yang mendengarkan ceritanya tertawa, sungguh tega ya 😀 .

Kuis dan lomba bodong seperti ini pernah saya jumpai, dalam skala kecil hanya berhadiah pulsa sepuluh ribuan. Dalam skala besar berhadiah uang dan gawai, cukup menggiurkan untuk diikuti.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Mase Ka (@kanvaskalbu) on

Saya pernah mengalami 2 kali dengan sponsor yang sama, operator S********. Kejadiannya hampir sepuluh tahun lalu, operator itu bekerja sama dengan sebuah tabloid teknologi terbitan G mengadakan kunjungan ke kampus-kampus, memperkenalkan teknologi terbaru mereka dalam bentuk seminar. Selama berlangsungnya seminar, peserta bisa mengikuti lomba twit dan menulis artikel. Khusus lomba menulis, artikel dikirim melalui email paling lambat hari itu atau 3 hari (saya lupa) setelah acara.

Singkat cerita, saya dinyatakan menjadi pemenang artikel. Hal itu disampaikan sendiri oleh bagian marketing G via email. Tapi hadiah tidak pernah saya terima, pertanyaan lewat email pun tak dibalas lagi 😀 .

Pernah juga ikut lomba SEO salah satu distributor kendaraan yang ada di Jawa Tengah. Lomba sebelumnya dimenangkan teman saya, penyerahan hadiah pun diliput media. Namun lomba yang saya ikuti ini malah tidak ada pengumuman pemenang, media sosialnya membisu beberapa bulan 🙂 .

Terakhir di bulan Oktober 2018, lagi-lagi dengan operator S********. Ada satu kegiatan lokal jalan-jalan dimana mereka menjadi sponsor. Dalam perjalanan menuju lokasi, diumumkan adanya lomba foto selama kegiatan berlangsung. Janji 3 hari ada pengumuman pemenang, ternyata hanya janji. Secara tak terduga saya malah mendapatkan hadiah tiket lari 🙂 . Mereka menghubungi saya agar mengirimkan data-data dan email. Namun sampai hari berlangsungnya lomba lari, tiket tidak pernah dikirim :mrgreen: .

Ini tingkat PHP-nya sudah tinggi 😀 , saya juga tidak menghubungi mereka kenapa saya tidak jadi dikirim tiket lari. Akhirnya foto-foto yang sudah saya publikasikan saya tarik kembali, jika ada yang sudah menyalinnya saya ikhlaskan.

Saya tidak protes kepada mereka semua karena saya percaya dengan adanya hari pembalasan ;). Mereka akan mendapatkan balasan yang setimpal, jika bukan di dunia nanti di akhirat 😀 .

Tinggalkan komentar