Mulai Januari 2019, Flickr Hanya Gratis 1000 Foto

Berita mengejutkan muncul 1 November 2018 lalu, Flickr sebagai penyedia penyimpan foto dan video akan membatasi jumlah foto yang diunggah oleh pelanggan gratis hanya 1.000 foto. Hal tersebut terungkap di halaman resmi https://www.flickr.com/lookingahead. Pelanggan memiliki waktu hingga 8 Januari 2019 untuk meningkatkan keanggotaan menjadi Pro, atau mengunduh konten mereka jika melebihi 1.000 biji.

Setelah tanggal tersebut, pelanggan yang kontennya lebih dari 1.000 tidak bisa lagi mengunggah apapun (kecuali sudah dihapus hingga kurang dari 1.000). Pelanggan masih diberi kelonggaran waktu hingga 5 Februari 2019, dimana Flickr secara tegas akan menghapus konten di atas 1.000, dimulai dari menghapus konten terlama.

Pemberitahuan pembatasan akun gratis Flickr.

Setelah 5 Februari 2019, akun gratis yang memiliki lebih dari 1.000 foto atau video akan dihapus kontennya — mulai dari yang diunggah paling lama ke yang terbaru — untuk memenuhi batasan baru ini.

Seperti diketahui, Flickr setelah diambil alih Yahoo! meningkatkan kapasitas penyimpanan menjadi 1 TB. Kebijakan sedikit-sedikit berubah setelah Yahoo! terkapar yang akhirnya dijual ke Verizon pertengahan Juni 2017 lalu. Puncaknya di 2018 ini dengan penurunan kapasitas penyimpanan menjadi 1.000 foto. Di samping itu, mulai 2019 untuk masuk ke akun Flickr tak lagi menggunakan akun Yahoo!

Rasanya saya tidak perlu mengungkapkan berapa harga keanggotaan Flickr Pro, toh pembaca tidak berminat kan? Samaaaa 😀 . Saya saat ini masih mencari solusi bagi 6.184 konten saya di Flickr, mau dikemanakan foto dan video tersebut? Hmmm.. *mikir

Milik admin kanvaskalbu.

Solusi terdekat
Jika tidak mau beralih ke Flickr Pro, solusinya hanya satu yaitu mengunduh konten yang telah diunggah di Flickr. Permasalahannya adalah butuh waktu lama untuk mengunduh foto dan video yang jumlahnya ribuan. Kemudian mau disimpan kemana selain Flickr, jika tidak memiliki kapasitas Harddisk besar atau tidak mau menyimpan secara luring? Rekomendasi dari teman-teman sih gunakan media Google Photo yang mengalokasikan unlimited kuota, tapi membatasi resolusi gambar maksimal 16 MP dan resolusi video 1080 Pixels. Jika tidak mau ada pembatasan resolusi, bisa menggunakan Google Drive berkapasitas 15 GB.

Dari lini masa Twitter, saya menemukan ada situs (trial 7 hari) yang memudahkan pengguna terdaftar mengunduh dan mengunggah file dalam jumlah banyak dengan cepat. Pickbackman nama situsnya, saya belum sempat menggunakannya. Seomoga solusi ini membantu, atau anda punya ide yang lebih bagus? Silahkan ungkap di komentar..

Tinggalkan komentar