Membuat Takarir Instagram Menjadi Lebih Rapi

Suka main Instagram? Pasti…. Saat ini Instagram menjadi media sosial terpopuler (versi saya) di Indonesia. Instagram lebih menonjolkan visual daripada kata-kata, tapi kata-kata juga tak bisa ditinggalkan sama sekali. Utamanya untuk memberikan informasi lebih detail yang tidak bisa diwakili oleh visual semata. Media sosial ini unik, agak sulit menulis banyak kata dengan paragraf yang kita inginkan. Sudah di-enter saat menulis, eee.. ternyata setelah jadi paragraf menghilang.

Beberapa cara ditemukan #halah untuk menjadikan paragraf takarir muncul di Instagram, seperti yang pengguna inginkan, dari yang paling mudah hingga mbulet seperti benang ruwet. Saya sempat membaca dan mempraktekkan cara-cara sederhana agar takarir lebih rapi.

Ngomong-ngomong, tahukah apa yang dimaksud takarir? Dalam KBBI Online, definisi takarir adalah catatan yang dituliskan di tepi halaman taklikat. Subtitle atau terjemahan bahasa di suatu film juga bisa disebut takarir. Bang Ivan Lanin pernah menyebut takarir bisa untuk penyebutan caption.

Membuat paragraf di Instagram

Orang keren sering menyebutnya line break, tapi saya lebih suka menyebut paragraf, ada juga yang menyebutnya alinea.

Dengan tanda baca

Saya paling sering menggunakan tanda baca atau special character menjadi satu paragraf, karena ini cara paling mudah nggak pake ribet. Bisa menggunakan titik, koma, tambah, atau kurang, maupun special character lain.

Dengan bantuan halaman website pretty-caption

Sekitar dua pekan lalu ada ciutan yang muncul di linimasa, gunakan fasilitas dari situs pretty-caption.com. Caranya buka situs tersebut lalu tuliskan sesuai keinginan di Textarea. Atau copy-paste tulisan yang sudah disiapkan lalu klik Generate & Copy. Selanjutnya tinggal paste takarir yang sudah jadi ke postingan Instagram.

Contoh postingan Instagram yang takarirnya saya buat dengan menggunakan fasilitas pretty-caption bisa dilihat di tautan ini. Ada yang mau menambahkan? Silakan tulis di komentar ya, terima kasih.

Sumber Acuan
– https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/takarir
– https://twitter.com/ivanlanin/status/984757144229634050

Tinggalkan komentar