Tanya Spesifikasi Barang di Pasar Daring, Penjual Minta Nomor WA

Tadi pagi saya menambahkan barang incaran di pasar daring Bukalapak ke keranjang. Saya juga telah checkout dan siap mentransfer uang pembayaran. Tapi saya agak ragu karena foto yang ditampilkan agak buram dan tidak ada spesifikasi detail barang yang dijual. Akhirnya saya pun membuka obrolan, bertanya spesifikasi dan jenama barang yang dijual. Ada penjual lain yang menampilkan barang serupa, tetapi lebih mahal.

Dua jam menunggu balasan obrolan dari penjual, akhirnya muncullah kalimat dari penjual, “Ada wa gan.” Kalimat tidak lengkap dan tidak jelas maksudnya apa. Padahal pilihan kata dan kalimat yang saya gunakan untuk bertanya sudah cukup jelas, tapi ternyata penjual tidak paham?

Penjual menanyakan nomor WA.

Pertanyaan apa, jawabannya malah ngelantur. Modus banget tanya nomor WA, mau buat apa? Tinggal jawab spesifikasi sebanyak 5 kata beserta jenamanya, beres…. dan saya akan langsung transfer. Ini malah menolak rezeki. Bayangkan jika ini terjadi di dunia nyata, ketika saya berhadapan dengan penjual di tokonya “Om, spesifikasi barangnya apa om?” Lalu dia menjawab, “Ada nomor wa?” Hoeeekkk 😈

Ingat dengan pesan agar berhati-hati dengan penjual seperti ini, saya lalu membatalkan pemesanan. Tidak mengapa berpindah pada penjual yang harga barangnya dijual mahal, daripada beli di tempat yang murah tapi penjualnya modus, ada udang di balik batu. Keselamatan diri lebih diutamakan.

Saya membatalkan pesanan dengan alasan penjual tidak membalas chat, karena tidak ada pilihan “penjual modus nanya nomor wa.”

Tinggalkan komentar