[Ulasan] Pompa Galon Elektrik Beli di Bukalapak

Dispenser di rumah rusak, bukan aliran airnya tapi tempatnya yang terbuat dari plastik jebol. Karena dirasa kurang begitu berguna (lebih suka air panas dipanaskan dengan kompor) maka diputuskan tidak beli dispenser lagi. Tertarik menggunakan guci kran, tapi tempat guci dari besi harganya sama dengan dispenser sedangkan di rumah tidak ada meja nganggur. Sempat tertarik dengan pompa galon manual, tapi sepertinya kurang praktis. Berbulan-bulan air minum galon disuntakkan ke ceret, akhirnya nemu alat yang lebih fleksibel yaitu pompa galon elektrik.

Salah satu toko asesoris gawai sempat mengunggah pompa galon elektrik ini, tapi harganya wow sekali alias mahal. Mahal dilihat dari perspektif tidak punya uang :mrgreen: dan beda 2x lipat dari pompa galon manual. Saya lalu mencoba mencari di Tokopedia dan Bukalapak, harganya cukup bersaing di kisaran Rp55.000-70.000. Setelah membandingkan dan cari yang paling murah, saya putuskan beli di salah satu penjual di Bukalapak dengan harga Rp55.000 bebas ongkos kirim.

Pembelian ini dilakukan pada Februari 2019 dimana Bukalapak memberi kupon gratis ongkos kirim pada pembelian di atas Rp50.000. Di Tokopedia waktu itu juga ada yang seharga tapi ongkos kirim tetap bayar… kan merongos. Sempat juga mencoba fitur nego di aplikasi Bukalapak, salah satu toko saya nego dan diberikan harga Rp50.000! Tapi saya batal membeli di penjual tersebut. Secara hitung-hitungan lebih baik bebas ongkos kirim daripada diskon Rp5.000. Kenapa? Karena ongkos kirim dari Jabodetabek ke Jogja besarnya Rp18.000 😀 .

Pompa galon elektrik buatan Cina.

Setelah kiriman sampai rumah, begini penampakannya dengan dimensi ukuran 13x9x9 cm masih segel buatan Cina. Spesifikasinya memiliki daya 4W dengan tegangan 5V DC dan arus 1A. Besarnya segenggaman tangan orang dewasa dengan berat….. kurang tahu, tapi lumayan mantap di tangan. Smart wireless pumping unit tertulis di dus tersebut, maksud kata wireless di situ adalah tanpa kabel 😛 .

Dus pompa galon elektrik.

Semua tulisannya memakai abjad Cina yang tidak bisa saya baca :mrgreen: , tanpa membaca petunjuk penggunaan pun sudah bisa menggunakannya, orang Indonesia kan pintar. Pompa elektrik ini menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, yang pengisiannya menggunakan charger gawai atau sejenisnya. Yang saya pilih tidak menggunakan lampu LED ketika dioperasikan, harganya cukup berpengaruh sih.

Isi dus pompa galon elektrik.

Di dalam dus berisi alat pompa berwarna putih (opsional, ini yang saya pilih), kabel charger yang super pendek, sedotan selang silikon, dan pipa pengeluar air dari aluminium. Tinggal pasang saja tanpa melihat tutorial di Youtube, panjang selang sampai dasar galon 21 liter saat pompa di pasang. Pompa hanya ditumpangkan di atas mulut galon, tidak ada fitur untuk mempererat atau mengikat dengan galon. Bila galon jatuh, ambyar air bersama pompanya karena tidak ada pengikat keduanya.

Saya baru ganti 2 galon selama menggunakan pompa galon elektrik ini, selama itu pula belum pernah mengisi baterai semenjak beli. Kelemahan alat ini belum terlihat, hanya suaranya seperti pompa kecil akuarium. Saya belum mencoba dengan meletakkan karet ban antara mulut galon dan pompa untuk meredam bising pemompaan air.

Tinggalkan komentar