Categories
Narasi

Pengiriman dengan Ekspedisi Merah, Semakin Lama Sampai

Sekitar dua pekan lalu saya memesan barang di pasar daring, dengan menggunakan layanan ekspedisi yang identik dengan warna merah. Pilihan itu adalah sebuah keterpaksaan, karena hanya itu yang memberikan gratis ongkos kirim di pasar daring tersebut. Sudah diketahui para pembeli daring bahwa harga ongkos kirimnya sama dengan ekspedisi biru, tapi si biru biasanya lebih cepat sampai.

Penelusuran paket.

Biasanya barang yang dikirim dari Jabodetabek ke tempat saya membutuhkan waktu 2-3 hari. Perasaan mulai kurang nyaman ketika mengecek halaman penelusuran, tengah malam pada hari ketiga barang sudah sampai di kota saya. Idealnya siang atau sore hari sudah berada di tangan. Tapi hingga malam tiba, barang ternyata tidak dikirim. Memuncaklah kejengkelan saya dan menanyakan kepada penjual dan layanan pelanggan, kenapa pesanan saya tidak dikirim ke alamat tujuan?

Penjual mengatakan bila barang telah dikirim dengan ekspedisi, sedangkan pihak ekspedisi menjawab agar terlihat perhatian. Saya bisa saja membatalkan pesanan tersebut dengan alasan barang tidak cepat sampai, tapi hal itu tidak etis. Penjual telah menepati janji mengirim sesuai jadwal, yang bermasalah memang ekspedisinya.

Pihak ekspedisi tidak segera mengirim kepada penerima barang, malah menyimpannya terlebih dahulu di gudang. Hal inilah yang membuat saya gemes karena ingin sesegera mungkin menerima barang yang telah saya beli. Fitur estimasi barang sampai di pasar daring menyebutkan, barang akan sampai ke penerima dalam waktu 3-6 hari yang menurut saya terlalu lama. Haruskah gudang penuh dahulu dengan barang dari pasar daring, baru kemudian mengantarkan ke penerima? Bahkan sehari setelah berada di gudang, tidak ada keinginan pihak ekspedisi untuk mengantarkan barang 🙁 .

Pada akhirnya, paket barang yang saya nantikan datang juga ba’da Maghrib, 5 hari setelah pihak penjual mengirim. Kecewa sih kecewa, tapi tetap bersyukur pesanan tidak mengalami kerusakan. Jika ada pilihan lain, ekspedisi merah ini sebaiknya dihindari agar tidak makan hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *